Wujudkan Tridharma Perguruan Tinggi, Akademisi FIB Unej Adakan Pelatihan Public Speaking untuk Perangkat Desa 

  • Whatsapp

Tim pengabdian masyarakat Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Jember adakan pelatihan public speaking untuk perangkat desa dan jajarannya di balai desa Kamal, Arjasa, jember. Sabtu (22/10).

Acara pengabdian dan pelatihan ini merupakan program kelanjutan dari tahun sebelumnya yakni pelatihan kepenulisan dan dilanjut dengan pelatihan public speaking. Pelatihan public speaking kali ini mengenalkan tentang teknik public speaking yang baik, cara berpidato, dan menjadi pembawa acara atau Master of Ceremony. Tim pengabdian dari FIB yang sekaligus menjadi pemateri pada pelatihan ini yaitu Dra. Anastasia Erna R. S, M.Hum., Dr. Agus Sariono, M. Hum., dan Zahratul Umniyyah, S.S, M.Hum.

“semua orang harus bisa berbicara dengan baik di depan umum karena bahasa menunjukkan bangsa”, ujar Dra. Anastasia Erna R. S, M.Hum kepada tim titian.id.

Menurutnya kemampuan berbicara dengan teknik yang baik harus dilatih terus menerus, apalagi jika menjadi pembawa acara harus bisa menjadi pengendali jalannya suatu acara.

Peserta tim pelatihan ini terdiri dari perangkat desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan ibu-ibu PKK. Peserta terlihat antusias berinteraksi dengan pemateri, peserta juga menyatakan keluh kesah dan tantangan yang dihadapi ketika berbicara di depan khalayak umum. Bahkan ada peserta yang berani praktek di depan untuk public speaking.

Peserta juga diberikan tugas untuk mempraktekkan bagaimana public speaking yang baik dengan menjadi petugas ceremonial yang harus diparaktekkan pada Minggu depan karena acara ini berlangsung dari tanggal 22 Oktober sampai tanggal 4 November 2022.

Sekretaris desa Kamal, Zainal Arifin menyampaikan rasa terimakasih terhadap FIB Unej atas kegiatan yang berlangsung

“kami sangat berterimakasih kepada tim dari Unej yang telah memberikan pelatihan ini. Banyak ilmu baru yang kami dapat tentang public speaking yang baik dan benar sehingga kami dapat menggunakan tips-tips yang telah diberikan”, ungkapnya.

Pos terkait