Lanjutkan Pengabdian! Akademisi FIB Unej Gelar Public Speaking untuk Perangkat Desa

  • Whatsapp

Praktek menjadi cara pelatihan lanjutan public speaking oleh tim pengabdian pada masyarakat Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Jember bagi perangkat desa dan jajarannya di desa Kamal, Arjasa, Jember. Sabtu (29/10).

Acara praktek public speaking ini merupakan kelanjutan dari acara yang dilaksanakan pada minggu lalu terkait dengan pelatihan public speaking. Pada praktek public speaking ini merupakan pengaplikasian terkait materi yang sudah diberikan pada minggu lalu terkait teknik public speaking yang baik, cara berpidato, dan menjadi pembawa acara atau Master of Ceremony.

Peserta yang terdiri dari perangkat desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan ibu-ibu PKK terlihat bersemangat dan antusias menjalani praktek. Peserta dibagi menjadi dua kelompok antara laki-laki dan perempuan. Kelompok laki-laki membawakan pembahasan tentang musyawarah desa, sedangkan kelompok perempuan membawakan pembahasan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) lengkap dengan proses seremonialnya.

Kedua tim memperagakan praktek dengan skema yang sudah masing-masing tim persiapkan. Setiap orang pada tim tersebut memiliki tugas masing-masing seperti pembawa acara, ketua panitia, pemateri, dirigen, dan bagian doa.

Setelah praktek public speaking selesai ditampilkan oleh kedua kelompok, masing-masing kelompok dinilai dan dievaluasi oleh tim pengabdian dari FIB Unej yang beranggotakan Dra. Anastasia Erna R. S, M.Hum., Dr. Agus Sariono, M. Hum., dan Zahratul Umniyyah, S.S, M.Hum. Anatasia Erna mengatakan,

“saya melihat banyak yang berpotensi menjadi pembawa acara yang bagus walaupun masih diberi satu kali pelatihan, ke depan tinggal diasah saja”, ujarnya.

Kedua kelompok sama-sama diberikan hadiah oleh tim pengabdian FIB Unej sebagai bentuk apresiasi atas usaha penampilan praktek pubic speaking yang telah ditampilkan. Harumi, salah satu peserta pelatihan mengatakan,

“acara pelatihan public speaking ini sangat menyenangkan dan bermanfaat bagi kami warga Kamal untuk bisa public speaking dengan baik”, ungkapnya

Pos terkait