Banyak Lahirkan Jurnalis Profesional, Lapmi Laksanakan Muslem Demi Keberlanjutan Organisasi

  • Whatsapp
Kordinator Presidium MD Kahmi Jember, Narto STP MM (kanan) bersama Direktur LAPMI Cabang Jember, Dwi Wahyu Widarman dalam acara opening Muslem LAPMI Jember

Lembaga Pers Mahasiswa Islam (LAPMI) telah banyak melahirkan jurnalis yang professional. Untuk itu, regenarasi LAPMI, salah satunya melalui Musyawarah lembaga (Muslem) penting untuk menjaga mata air perkaderan jurnalis HMI. Itu disampaikan Koordinator Presidium (Kopres) MD KAHMI Jember Narto STP MM yang punya latar belakang wartawan dalam opening ceremony Muslem LAPMI HMI Cabang Jember di Café Cangkruk Sastra Minggu (22/1).

Menurut Narto STP MM, LAPMI punya peran penting untuk menjaga regenerasi jurnalis.

“LAPMI HMI Cabang Jember dan Lembaga pers mahasiswa di internal kampus punya peran penting. Banyak jurnalis yang lahir dari LAPMI maupun lembaga pers mahasiswa,” ungkap Narto.

Untuk itu, HMI Cabang Jember harus tetap menjaga eksistensi LAPMI dan Lembaga pers mahasiswa di kampus.

“Tidak banyak memang, kader HMI yang aktif di LAPMI dan lembaga pers mahasiswa, ini tantangan HMI agar lebih banyak kadernya yang berproses di LAPMI dan lembaga pers mahasiswa, apalagi di eda digital saat ini,” ujarnya.

Redianto Hisyam Farisi, Sekjen Bakornas LAPMI PB HMI yang hadir dalam acara Muslem LAPMI juga menjelaskan pentingnya menjaga keberadaan LAPMI. Namun, dia juga menegaskan LAPMI juga harus dikritik agar eksistensinya terjaga.

“silahkan ketua-ketua komisariat (HMI, red) mengkritik LAPMI jika dalam berjalannya organisasi hanya jadi beban perkaderan saja, bahkan kalau memang tidak diperlukan bubarkan saja LAPMI,” ujarnya.

“Tapi jika dalam perjalannya LAPMI mampu menjalankan tugas dan fungsinya sesuai amanah konstitusi, hal tersebut harus didukung penuh oleh semua pihak”, Ujar Redi, panggilan akrab Sekjen Bakornas LAPMI menambahkan.

Saka Dwi Saputra, ketua HMI Cabang Jember juga menegaskan keberadaan LAPMI harus tetap dipertahankan.

“LAPMI HMI Cabang Jember yang baru lahir tahun 2018 harus tetap eksis kedepan, selama ini LAPMI HMI Cabang Jember selalu mewarnai perkaderan HMI Cabang Jember, bahkan sejak awal pendiriannya”, tutur Saka.

Direktur LAPMI HMI Cabang Jember, Dwi Wahyu Widarman mengakui butuh perjuangan keras untuk menjaga eksistensi LAPMI.

“Kami harapkan dukungan semua pihak, termasuk senior-senior agar LAPMI tetap eksis dan menjadi salah satu wadah perkaderan HMI, khususnya yang berminat di dunia jurnalistik,” Ujar Wahyu.

Pos terkait